keanekaragman hayati

Hakikat Biologi dan Keanekaragaman Hayati

Posted on
Make Money Online
$0.00 Start. Start in 5 mins. $3K per week. Make money from your website.
moneyonlineinvestment.com

Hakikat Biologi dan Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman hayati selama 30 tahun terakhir ini diangkat sebagai topik utama dalam pengelolaan sumber daya global selain air, energi, kesehatan, dan pertanian karena masalah ini merupakan masalah lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam yang dihadapi manusia secara global. Sampai tahun 2000 untuk kekayaan jenis hayati Indonesia menduduki urutan kedua setelah Brasil.

 

U Have Website We have Cash
If you have website put our banner on it, make money for each visitor
moneyonlineinvestment.com
Make Money Online
$0.00 Start. Start in 5 mins. $3K per week. Make money from your website.
moneyonlineinvestment.com

Tingginya keanekaragaman ini ditentukan oleh wilayah Indonesia terletak pada dua kawasan biogeografi, yaitu oriental dan Australasia, merupakan negara kepulauan yang memiliki berbagai tipe topografi yang dapat berfungsi sebagai penghalang perpindahan anggota berbagai jenis hayati, terletak di daerah tropika yang merupakan salah satu sasaran migrasi satwa dari belahan bumi utara dan belahan bumi selatan sehingga Indonesia mendapat tambahan kekayaan jenis hayati dari pelaku migrasi.

 

Keuntungan dari tingginya jenis hayati tersebut, seperti memiliki manfaat sebagai bahan makanan, bahan obat, bahan bangunan, bahan dasar industri maupun bahan-bahan lain yang sangat diperlukan baik oleh Indonesia sendiri maupun oleh negara lain. Jenis-jenis lain yang secara langsung tidak atau kurang bermanfaat bagi kehidupan manusia ternyata secara langsung sangat berguna untuk mendukung kehidupan jenis yang diperlukan oleh manusia. Oleh karena itu, masing-masing jenis hayati yang dimiliki Indonesia perlu dijaga kelestariannya sehingga selain tetap dapat kita manfaatkan secara berkelanjutan juga tetap dapat berfungsi sebagai pendukung kelestarian jenis lainnya yang berarti juga mendukung berlangsungnya hidup manusia.

 

Ada beberapa kelompok jenis hayati rawan punah tersebut, seperti jenis populasi yang rendah, jenis yang daerah sebarannya sempit (endemik), jenis pemangsa puncak, jenis megaherbivora, jenis yang berbiak dalam kelompok, dan jenis yang melakukan migrasi. Selain itu, juga jenis yang dimanfaatkan secara besar-besaran sampai melampaui daya reproduksinya, dan jenis yang hidup di  engah rimba, dan jika terjadi fragmentasi hutan akan mempersempit hewan rimba sehingga pendukung kehidupan jenis bersangkutan akan berkurang. Kita sebagai makhluk hidup yang ada di muka bumi wajib menjaga kelestarian dari keanekaragaman hayati yang ada di muka bumi ini, agar tidak semakin banyak hewan dan tumbuh-tumbuhan menjadi punah. Dalam modul ini, Anda akan mempelajari tentang hakikat biologi, keanekaragaman hayati, usaha pelestarian, dan pemanfaatan sumber daya alam.

 

Modul ini akan disajikan dalam 3 kegiatan belajar sebagai berikut. Kegiatan Belajar;

  1. Hakikat Biologi sebagai Ilmu. Kegiatan Belajar
  2. Prinsip Pengelompokan Makhluk Hidup.  egiatan Belajar
  3. Keanekaragaman Hayati, Pemanfaatan dan Usaha Pelestarian Sumber Daya Hayati.

Setelah mempelajari modul ini, Anda akan dapat menjelaskan tentang Hakikat Biologi, Prinsip Pengelompokan Makhluk Hidup, dan Keanekaragaman Hayati.

 

Secara lebih rinci, setelah mempelajari modul ini Anda akan dapat  menjelaskan:

  1. hakikat biologi sebagai ilmu;
  2. cabang-cabang ilmu biologi;
  3. manfaat biologi dalam kehidupan;
  4. sistem  lasifikasi makhluk hidup;
  5. sistem tata nama makhluk hidup;
  6. keanekaragaman gen;
  7. keanekaragaman jenis;
  8. 8. keanekaragaman ekosistem;
  9.  keanekaragaman hayati di Indonesia;
  10.  pemanfaatan sumber daya alam;
  11.   elestarian sumber daya alam.

Agar semua tujuan tersebut dapat tercapai. Anda diharapkan mempelajari modul ini dengan saksama, lakukan diskusi bersama temanteman Anda dan mengerjakan setiap latihan dan tes formatif untuk setiap kegiatan belajarnya

 

(Visited 42 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *