kualitas tanah

Kualitas Tanah

Posted on

Kualitas tanah menurut Wender et al (2002) adalah kapasitas tanah dalam suatu lahan untuk menyediakan fungsi-fungsi yang dibutuhkan manusia dan ekosistem alami dalam waktu yang lama. Fungsi tersebut yaitu kemampuan untuk mempertahankan pertumbuhan, produktivitas tumbuhan dan hewan, mempertahankan kualitas lingkungan, dan memdukung kesetahan tanaman, hewan dan manusia.

Definisi tersebut, terdapat tiga makna pokok yaitu pertama produksi berkelanjutan ditunjukkan pada kemampuan tanah untuk meningkatkan produksi dan tahan terhadap erosi. Makna kedua yaitu mutu lingkungan ditunjukkan pada tanah diharapkan mampu untuk mengurangi pencemaran air tanah, udara, penyakit, dan kerusakan disekitarnya. Ketiga yaitu kesehatan makhluk hidup yang mendukung kesehatan tanah dan tempat tinggal manusia (Suriadi dan Nazam 2005).

Rosmarkan dan Nasih (2002) memandang kualitas tanah dengan dua cara, yang pertama sebagai sifat fisik tanah yang dapat digambarkan dari hasil observasi tidak langsung. Sudut pandang yang kedua yaitu sebagai kemampuan tanah untuk menampakkan fungsi-fungsi produktivitas, lingkungan, dan kesehatan. Tanah yang memiliki IKT bagus akan menunjukan rendahnya polusi tanah, tidak mengalami degradasi, tanaman tumbuh subur dan menghasilkan produk yang aman dikonsumsi.

Menurut Evanylo dan McGuinn (2000) kualitas tanah digunakan untuk mendeskripsikan berbagai sifat-sifat fisik tanah, kimia, dan biologi yang mendukung tanah untuk melakukan fungsinya. Pernyataan tersebut dapat dikatakan bahwa kualitas tanah dapat digunakan sebagai alat penilaian atau alat evaluasi dari pengolahan tanah secara kuantitatif (Karlen, Andrews dan Doran 2001). Kualitas tanah juga untuk mengevaluasi tingkat degradasi dan kontaminasi tanah dari pencemaran logam berat.

Adi, Sudjono dan Widyatmani (2011) menyatakan bahwa faktor di dalam tanah yang paling berpengaruh pada tanah sawah dipenelitiannya yaitu pH. Faktor di atas tanah seperti lingkungan dan pengelolaan tidak terlalu berpengaruh pada indeks kualitas tanah. Reaksi tanah atau pH akan mempengaruhi tanaman secara langsung serta berpengaruh pada aktivitas mikroba tanah.

Indikator kualitas tanah yang utama yaitu pH tanah, kadar bahan organik, N, P, K, tersedia. Indikator tersebut merupakan faktor utama yang sangat penting dalam hubungannya dengan pertumbuhan tanaman, produksi tanaman, serta mempengaruhi fungsi dan keragaman mikriorganisme tanah. Indikator-indikator tanah tersebut sangat mudah dipengaruhi oleh cara pengelolaan tanah. tanah yang terpolusi dan tergedradasi, indikator tersebut merupakan bagian dari Minimum Data Set (Winarso 2005).

Penentuan indeks kualitas tanah (IKT) ditentukan dengan mengumpulkan data-data indikator yang kemudian digunakan untuk menghitung indeks kualitas tanah. Perhitungan indeks kualitas tanah dilakukan dengan menjumlah skor indikator kualitas kemudian dirata-rata. Semakin tinggi nilai IKT berarti kualitas tanah semakin baik. Penilaian dilakukan dengan mengukur perubahan fungsi tanah sebagai tanggapan atas pengelolaan tanah dan pengaruh lingkungan seperti hujan dan suhu. Penilaian juga dapat diketahui dari penggunaan indikator yang menggambarkan proses penting tanah (Andrews, Karlen dan Cambardella 2004).

Indikator suatu kualitas tanah dapat ditentukan diterima atau tidak dengan melakukan skoring. Masing-masing indikator diskor berdasarkan pengetahuan dan pengalaman pengguna. Jumlah dari skor masing-masing indikator merupakan gambaran singkat penerimaan yang kemudian dibandingkan dengan indikator lain (Purwanto 2002).

Tanah dikatakan berkualitas tinggi bila memiliki sifat-sifat sebagai berikut: mensuplai hara untuk tanaman secara cukup yaitu tidak berlebih dan kurang. Tanah memiliki struktur yang baik. Kedalaman lapisan tanah cukup untuk perakaran dan drainase, sehingga drainase menjadi baik. Populasi penyakit dan parasit tanah rendah tetapi populasi organisme pendorong pertumbuhan tinggi. Tekanan tanaman pengganggu (gulma) rendah. Tanah tidak mengandung senyawa kimia yang bersifat racun untuk tanaman (Syarifudin 2004).

Punya tugas sekolah atau PR yang sulit dikerjakan sendiri? Silakan tulis disini. Tugas sekolah atau PR mu akan dikerjakan oleh teman-teman yang lain yang siap membantumu dengan cepat dan smart.

Ajukan Pertanyaan
(Visited 13 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *