Materi Makalah Biosfer: Pengertian Biosfer Lengkap

Posted on
Make Money Online
$0.00 Start. Start in 5 mins. $3K per week. Make money from your website.
moneyonlineinvestment.com

Pengertian Biosfer

Menurut etimologi, biosfer berasal dari kata bios yang berarti hidup dan sphere yang berarti lapisan. Jadi, biosfer adalah lapisan tempat tinggal makhluk hidup atau seluruh ruang hidup yang ditempati organisme.

Materi Makalah Biosfer: Pengertian Biosfer Lengkap
Gambar Komponen Biosfer

Berdasarkan gambar di atas biosfer terdiri dari beberapa komponen yaitu :

U Have Website We have Cash
If you have website put our banner on it, make money for each visitor
moneyonlineinvestment.com
Make Money Online
$0.00 Start. Start in 5 mins. $3K per week. Make money from your website.
moneyonlineinvestment.com

1. Atmosphere

Atmosphere berasal dari kata atmo yang berarti udara dan sphere yang artinya lapisan.Jadi atmosphere adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi. Atmosphere terdiri dari empat lapisan yaitu :

  • Lapisan troposfer yaitu merupakan lapisan atmosphere yang paling bawah dan dekat dengan permukaan bumi.Dengan ketinggian 0 sampai 12 km dari permukaan air laut.
  • Lapisan stratosfer yaitu lapisan kedua dari permukaan bumi yang memiliki ketinggian dari 12 sampai 50 km dari atas permukaan laut.
  • Lapisan mesosfer yaitu lapisan ketiga atmosphere yang memiliki kettinggian 50 sampai 80 km dari atas permukaan laut.
  • Lapisan termosfer/ionosfer yaitu lapisan yang panas dengan ketinggian antara 80 sampai 700 km dari atas permukaan laut.

2. Lithosphere

Lithosphere berasal dari kata lithos yang berarti batuan, dan sphere yang artinya lapisan.Jadi lithosphere adalah lapisan kulit bumi yang paling luar dengan ketebalan 1200 km dan memiliki berat jenis rata-rata 2,8 gram/cm3. Lithosphere tersusun dari beberapa lapisan yaitu :

  • Lapisan sial (silisium dan aluminium) yaitu lapisan yang terdapat batuan sedimen, granit, dan batuan lain yang terdapat di daratan benua.
  • Lapisan sima (silisium magnesium) yaitu lapisan yang bersifat elastis dan mempunyai ketebalan rata-rata 65 km.

3. Hydrosphere

Hydrosphere berasal dari kata hidros yang berarti air dan sphere yang berarti lapisan. Hydrosphere di permukaan bumi meliputi danau, sungai, laut, samudera, air tanah dan uap air yang terdapat dilapisan udara. Biosfer adalah lapisan di permukaan bumi, yang terdiri dari litosfer, hidrosfer dan atmosfer tempat kehidupan organisme berlangsung. Manusia bersama makluk hidup yang lain selalu berinteraksi dengan lingkungannya. Keseluruhan komponen memiliki peran yang sangat hidup (biotik) besama-sama dengan komponen fisik (abiotik) membentuk suatu ekosistem.

Dalam ekologi, lingkungan dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu lingkungan fisik (abiotik) dan lingkungan biotik. Lingkungan fisik adalah segala benda tak hidup dan keadaan fisik yang ada disekitar individu. Benda tidak hidup misalnya tanah dan air, sedangkan keadaan fisik antara lain suhu dan kelembaban. Lingkungan fisik ini sangat erat hubungannya dengan makluk hidup yang menghuninya. Misalnya, banyaknya tumbuhan hijau di suatu wilayah akan mempengaruhi kadar oksigen yang ada di wilayah tersebut.

Lingkungan abiotik bagi individu dalam ekologi adalah semua makluk hidup lain yang ada di sekitar individu tersebut. Keberadaan individu lain dalam lingkungan bisa menguntungkan atau merugikan. Dalam ekologi dikenal adanya satuan fungsional dari makluk hidup dan lingkungannya yang disebut ekosistem.

Dalam ekosistem makluk hidup saling berinteraksi baik diantara makluk hidup sejenis ataupun dengan yang berlainan jenis, dan juga dengan lingkungan fisik atau lingkungan biotiknya. Individu-individu yang sejenis yang ada pada suatu tempat pada saat tertentu disebut populasi. Bila suatu populasi sudah mencapai kapasitas tampung dari suatu tempat, maka akan terjadi persaingan dalam hal makanan, ruang tempat hidup, dan kebutuhan lainnya.

Semua populasi dari semua jenis makluk hidup yang saling berinteraksi di antara berbagai populasi di suatu tempat disebut komunitas. Interaksi di antara berbagai populasi dapat saling menguntungkan, ada saling bersaing dan ada yang netral. Komunitas bersama-sama dengan faktor abiotik di tempatnya akan membentuk ekosistem.

Berbagai ekosistem terdapat di permukaan bumi, baik ekosistem daratan maupun lautan saling berhbngan satu sama lain. Seluruh ekosistem ini di permukaan bumi membentuk lapisan kehidupan yang disebut dengan biosfer.

(Visited 61 times, 1 visits today)
bannerprojects

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *