jelaskan tentang teori local genius dalam proses penyebaran kebudayaan hindu di indonesia

List Tanya-JawabKatagori: SMAjelaskan tentang teori local genius dalam proses penyebaran kebudayaan hindu di indonesia
Gambar Gravatarjiminxxx asked 8 bulan ago

jelaskan tentang teori local genius dalam proses penyebaran kebudayaan hindu di indonesia

(Visited 6 times, 1 visits today)
1 Answers
Pak Guru Staff answered 8 bulan ago

Indonesia pada masa lampau dikenal sebagai jalur perdagangan laut yang sangat ramai. Hal ini memungkinkan persinggungan antara kebudayaan asing dankebudayaan asli masyarakat Indonesia. Meskipun demikian, masyarakat Indonesia terbukti mampu untuk mempertahankan budaya aslinya dan menyerap budaya asing untuk diolah dan diubah seakan-akan menjadi kebudayaan masyarakat setempat. Kemampuan ini lazim disebut sebagai local jenius.

Apa itu Local Jenius?

Pengertian local jenius seringkali diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia berupa keterampilan dan intelektual yang asli milik masyarakat. Kemampuan ini digunakan untuk beriteraksi dengan masyarakat asing yang membawa serta tradisi dan budaya mereka, lalu kemudian diserap, diolah dan diubah menjadi suatu perpaduan budaya antara budaya asing dengan budaya asli berbentuk budaya baru yang dimiliki oleh masyarakat pendukung kebudayaan asli.

Sedangkan menurut H.G. Quaritch Wales, Local Jenius yang dimiliki nenek moyang Indonesia berupa seperangkat karakter kebudayaan yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat dari pengalaman kehidupan selama ini.

Kearifan lokal atau local genius itu dibedakan menjadi dua, yang pertama kearifan lokal yang bisa dilihat seperti bentuk peninggalannya, tradisi suku tertentu sampai kegiatan keagamaan.

Yang kedua, kearifan likal yg tidak bisa dilihat seperti nilai dan norma dari objek atau kegiatan yg ditinggalkan itu. Nah, masuknya Hindu Buddha di Nusantara itu salah satu faktor penyebabnya karena nenek moyang kita memiliki local genius (kemampuan untuk menyaring dan dan mengolah budaya asing yang masuk untuk disesuaikan dengan cita rasa setempat). local genius ini sudah dimiliki jauh sebelum Hindu dan Buddha masuk ke Nusantara, oleh karena itu ketika mendapat pengaruh dari luar (seperti lewat perdagangan) nenek moyang mampu menerimanya dan menghasilkan budaya yg berbeda dengan masyarakat pembawa budaya itu.

Seperti Relief yg ada di kaki candi Borobudur yg menggambarkan perahu bercadik (warisan nenek moyang, yg menjadi budaya kita) juga punden berundak yg di India sana tidak ada.

(Visited 1 times, 1 visits today)