Peran dan Manfaat Sosiologi

Peran dan Manfaat Sosiologi

Posted on

Peran dan Manfaat Sosiologi

Sosiologi memiliki peran dan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Peran dan manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

a. Pembangunan

Sumbangan sosiologi sangat besar dalam proses pembangunan. Pada tahap perencanaan perlu diadakan identifikasi terhadap berbagai kebutuhan masyarakat dan sebagainya. Pada tahap pelaksanaan perlu dilakukan penyorotan terhadap kekuatan dalam masyarakat dan pengamatan terhadap perubahan yang terjadi. Pada tahap evaluasi diadakan analisis terhadap efek pembangunan. Contoh, dalam pembangunan tata kota dan pembangunan industri memperhatikan berbagai masukan data-data penelitian sosiologi.

b. Pemecahan masalah sosial

Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan dalalm masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Masalah muncul bersumber pada factor ekonomis, biologis, dan kebudayaan. Contoh pemecahan masalah misalnya kemiskinan, kajahatan, konflik dan lingkungan hidup. Ada dua pendekatan untuk menanggulangi masalah sosial yaitu metode preventif dan metode refresif.

  1. Metode preventif dilakukan dengan mengadakan penilaian yang mendalam terhadap gejala-gejala sosial.
  2. Metode refresif merupakan proses penanggulangan secara langsung terhadap masalah sosial yang sedang timbul dan dirasakan masyarakat.

c. Perencanaan sosial

Secara umum, sosiologi memiliki beberapa kegunaan dalam perencanaan sosial seperti berikut.

  1. Sosiologi memahami perkembangan kebudayaan masyarakat dari taraf tradisional sampai taraf modern sehingga dalam menyusun dan memasyarakatkan perencanaan sosial relatif mudah digunakan.
  2. Sosiologi memahami hubungan manusia dengan lingkungan alam, hubungan antar golongan, proses perubahan, dan pengaruh penemuan baru. Hal ini berarti perencanaan ke depan yang disusun atas dasar kenyataan factual dalam masyarakat oleh sosiologi relatif bisa dipercaya.
  3. Sosiologi memiliki disiplin ilmiah yang didasarkan atas objektivitas.
  4. Dengan berpikir secara sosiologis maka suatu perencanaan sosial dapat dimanfaatkan untuk mengetahui tingkat ketertinggalan dan kemajuan masyarakat dilihat dari sudut kebudayaan.

Menurut pandangan sosiologi, perencanaan sosial merupakan alat untuk mengetahui perkembangan masyarakat. Dengan demikian, sosiologi dapat bermanfaat dalam menghimpun kekuatan sosial dalam rangka menciptakan ketertiban masyarakat.

(Visited 39 times, 1 visits today)
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *